RINGKASAN PEMBAHASAN MATA KULIAH KOMPUTER DASAR TENTANG
MICROSOFT WORD
Langkah- langkah :
1) Pengaturan layout Pendahuluan dan Bab 1
· Jarak dari atas ke bawahnya harus 4 spasi. Dapat dilakukan dengan cara : format – paragraph - before 48 - after 6 – ok.
· Font
Font: arial, size: 14 pt, font style: bold, effect: all caps, color: dark blue
· Klik ctrl+E (center) untuk meletakkan tulisannya ke tengah.
· Tulisannya harus dengan huruf capital. Untuk memformatnya dapat dilakukan dengan cara : format – font - all capital.
Untuk menyamakan pengaturan “BAB I” dengan “BAB II”, dapat dilakukan dengan cara :
· Blog bab 1.
Klik icon style.
· Klik tanda segitiga yang terletak di sebelah kanan style - ketik “BAB I” - enter.
· Kemudian klik “BAB II” - klik style dengan nama “BAB I” tadi - enter
2) Cara pembuatan tabel :
· Pembuatan tabel dimulai dari baris yang kosong.
· Pilih style normal (jangan gunakan style yang berwarna)
· Pilih Insert – table.
· Tentukan banyak baris dan kolom yang dibutuhkan. Kemudian pilih ok.
· Untuk memposisikan tulisan ke tengah dapat dilakukan dengan cara : klik kanan dalam cell - table properties – center.
· Agar table terlihat pas dan lebih rapi dapat dilakukan dengan cara : klik kanan dalam cell - autofit - autofit contens.
3) Cara membuat grafik dari tabel yang telah dibuat
· Masukkan grafik terlebih dahulu dengan cara : insert – picture – chart.
· Jika batang grafiknya berlebih, maka dapat dihapus dengan cara klik kanan pada ABCD table data sheet, kemudian pilih delete.
· Jika batang grafik dihapus, maka akan ada tempat grafik yang tersisa. Tempat batang grafik ini dapat dihapus dengan cara : blok tempat batang grafik tersebut - klik kanan di bawah cell data- delete.
Kita juga dapat mengubah bentuk grafiknya dengan cara : Klik kanan pada grafik – format data series – shape – kemudian pilih bentuk grafik yang diinginkan.
Selain itu, untuk lebih menyempurnakan grafik, kita dapat memberi angka di atas batang grafik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara : klik kanan pada batang grafik – format data cell – data labels – value – ok.
Kita juga dapat membuat rumus-rumus dengan cara :
Insert – object – Microsoft Equation 3.0.
Kemudian akan muncul icon-icon yang dapat kita gunakan dalam membuat rumus-rumus tertentu.
4) Cara membuat “add note” dan “foot note”
Head note : peletakan pada halaman yang bersangkutan.
Foot note : catatan kaki pada akhir dokumen.
Untuk membuatnya dapat dilakukan dengan cara : Insert – preference – foot note.
5) Cara membuat halaman pada page.
Pemberian halaman dapat dilakukan dengan cara : insert - page number - pilih bentuk dan letak yang diperlukan – ok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar